Gelar Kopdar, Sobat Anggur Indramayu Hadirkan Pegiat Anggur se Ciayumajakuning

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Nurul Ikhsan

Kuninganpos.com, Indramayu – Sobat Anggur Indramayu (SAI) menggelar kegiatan Kopi Darat (Kopdar) ke-4 dengan menghadirkan pegiat anggur se-wilayah Cirebon, meliputi Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) yang tergabung dalam komunitas pembudi daya anggur plat E, Minggu (11/6/2023) lalu.

Bertempat di Kebun Nayara, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, kegiatan kopdar yang diikuti ratusan peserta tersebut menjadi ajang silaturahmi antar anggota komunitas sekaligus diskusi terkait dengan budidaya anggur di berbagai daerah.

Kopdar SAI tersebut juga turut dihadiri Ketua Asosiasi Pegiat Anggur Indonesia (ASPAI), Tosan Aji, Sekretaris Kecamatan Balongan, Baman, perwakilan Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu, serta perwakilan pemerintah desa dan polsek Balongan.

Foto: Diskominfo Indramayu.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Asosiasi Pegiat Anggur Indonesia (ASPAI), Tosan Aji menyampaikan pemaparan terkait dengan budidaya anggur yang baik dan benar serta kiat-kiat untuk meningkatkan peluang kesuksesan dalam budidaya anggur. Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para pegiat anggur yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan kopdar.

“Suatu kebahagiaan bagi kami bisa bersilaturahmi dengan para pegiat anggur se-wilayah Ciayumajakuning. Terima kasih juga karena tetap semangat untuk mengikuti kegiatan kopdar ini,” tandasnya.

Tak hanya diisi dengan diskusi, untuk menambah kemeriahan acara, panitia juga menyiapkan door prize dengan berbagai hadiah menarik seperti kompos, pupuk organik cair atau Volatile Organic Compound (VOC), kaus, topi, donat, hingga bibit anggur bagi peserta yang beruntung.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Balongan, Baman menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan masyarakat yang bersifat positif seperti halnya kopdar pegiat anggur yang digelar oleh komunitas SAI.

Menurutnya, cuaca wilayah Indramayu masih cocok untuk mendukung budidaya anggur, sehingga diharapkan kedepannya masyarakat Indramayu khususnya di Kecamatan Balongan dapat memanfaatkan lahan untuk menanam anggur sebagai salah satu alternatif budidaya buah-buahan selain mangga.

“Cuaca di Indramayu ternyata sangat cocok untuk budidaya anggur, saya berharap kedepannya desa desa di kecamatan Balongan bisa memanfaatkan lahan untuk menanam anggur, jadi kedepannya Indramayu tidak hanya dikenal sebagai kota mangga tetapi ada kemungkinan dikenal sebagai kota anggur,” pungkasnya.

By Adam Gumelar

Tinggalkan Balasan

Berita Menarik Lainnya