Jelang Pilkades Serentak, Pengamat Dorong Calon Kades Harus Bersaing Sehat

Pewarta : Nurul Ikhsan | Editor : Jamaludin Al Afghani

Kuninganpos.com, Cidahu – Pengamat Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Kuningan Abdul Haris meminta kepada calon kepala desa pasca ditetapkan dari bakal calon menjadi calon agar dapat menjalankan kompetisi secara sehat pada Pilkades Serentak 28 November 2021 mendatang.

Hal itu guna terciptanya proses pemilihan kepala desa yang bermartabat, para calon kepala desa diharapkan tidak melakukan cara-cara ilegal untuk mewujudkan kemenangan.

BACA JUGA : Ini Skuad Pesik U-17 Hasil Seleksi

“Saya sebagai tokoh masyarakat Desa Kertawinangun, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan berterimakasih kepada para pendukung masing-masing calon kepala desa dapat mengikuti kegiatan penetapan Cakades dengan tertib,” ujar Abdul Haris.

Penetapan Cakades, lanjut Haris, dilaksanakan Sabtu (16/10/2021) malam. Alhamdulillah berjalan lancar, berharap ketertiban ini dapat dijaga hingga kegiatan puncak Pilkades dilaksanakan.

BACA JUGA : Laga Uji Tanding, Pesik U-17 Tekuk SSN U-20 dengan Skor Telak 6-0

“Para Cakades diharapkan dapat menjalin ketentraman saling mengawasi demi terciptanya persaingan sehat diantara para calon. Saya meminta persaingan sehat ini tidak dihanya dibuktikan oleh pendukung Cakades di Desa Kertawinangun, tetapi juga semua desa,” kata Haris yang juga Ketua Advokat Indonesia Cabang Kuningan.

BACA JUGA : Pengamat Puji Kinerja Kadis PUTR Kuningan

Sementara itu, penetapan Calon Kepala Desa di Kertawinangun, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan dihadiri langsung Camat Cidahu Muhamad Solihin, Kapolsek Cidahu Ajun Komisaris Saepudin.

Adapun Calon Kepala Desa di Kertawinangun yang ditetapkan nomor urut 1 yakni Darsono, nomor urut 2 Osa Ariyana dan nomor urut 3 Ono Darsono.

By Nurul Ikhsan

Kang Ikhsan, biasa kolega pria kelahiran Kuningan ini dipanggil. Masa remajanya dihabiskan di Kota Cirebon saat ia menempuh pendidikan SMA di kota udang. Sekolah SD dan SMP diselesaikan di Kuningan. Saat SMA, pria humoris dan bageur ini sudah menyukai dunia tulis menulis. Di sekolahnya Kang Ikhsan aktif dalam club menulis dan mengelola majalah dinding (mading). Kecintaan dengan dunia Jurnalistik ia lanjutkan saat kuliah di Jakarta dengan aktif di pers kampus sebagai pemimpin redaksi tabloid kampus pada tahun 1997. Ia juga mendirikan Lembaga Pers Mahasiswa dan Radio Kampus (LEMAPKA) yang anggotanya adalah Organisasi Pers Kampus se Jabodetabek. Pendirian LEMAPKA menurutnya sebagai organ perjuangan untuk mendukung gerakan mahasiswa saat menumbangkan rezim orde baru, hingga kejatuhannya Presiden Suharto. Ia juga aktif di organ gerakan mahasiswa yang tergabung di Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se DKI Jakarta (FKMSJ). Beberapa kali mendapat penugasan sebagai jenderal lapangan (Jenlap) memimpin ribuan mahasiswa dari berbagai kampus turun ke jalan menyuarakan gerakan reformasi hingga menduduki Gedung DPR RI. Tak jarang ia menjadi buruan intel dan berurusan dengan Intelpam Polda Metro Jaya karena seringnya memimpin gerakan aksi demonstrasi mahasiswa secara besar-besaran. Sejak masih mahasiswa, Kang Ikhsan bekerja di beberapa media cetak nasional. Selepas menyelesaikan kuliah, Kang Ikhsan masih bekerja aktif di beberapa media nasional koran, majalah dan radio di Jakarta. 20 tahun ia masih mencintai dan aktif menekuni profesi jurnalisnya hingga saat ini memimpin redakasi di Kantor Berita Kuningan (KBK) yang menaungi Kuninganpos.com, Kuninganhits.com, Fajarkuningan.com, Kuningantoday.com, dan KBK Kelas Jurnalistik, serta beberapa media online nasional lainnya.

Tinggalkan Balasan

Berita Menarik Lainnya