Berbagi Berkah Ramadhan, KWK DPD Kuningan Bagikan Takjil

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

Kuninganpos.com, Ciawigebang – Komunitas Wargi Kuningan, dengan singkatan populer KWK adalah organisasi paguyuban warga asal Kabupaten Kuningan. KWK dikenal menjadi pelopor komunitas paguyuban warga asal Kuningan. Tak hanya yang berdomisili di Kuningan, puluhan ribu anggota KWK tersebar diberbagai kota tujuan merantaunya warga asal Kuningan di seluruh wilayah di Indonesia. Wilayah Jabodetabek menjadi basis terbesar populasi anggota KWK.

Berawal dari solidaritas duduluran warga Kuningan yang ada di perantauan, terbentuklah KWK yang mulanya merupakan komunitas silaturahmi melalui media sosial Facebook.

Tahun demi tahun berlalu, waktu demi waktu berganti, dinamika organisasi terus terjadi. Hingga kini, KWK masih eksis dengan segala dinamika organisasi, tantangan dari internal maupun eksternal organisasinya. KWK menjelma menjadi komunitas paguyuban terbesar warga Kuningan yang dibangun melalui jaringan media sosial. Pengelolaan keorganisasian KWK sendiri terstruktur dan terkelola profesional.

Hingga berita ini dirilis, anggota grup Facebook KWK telah mencapai 159.891. KWK sendiri memiliki pengurus daerah diberbagai kota dan kabupaten. Sementara kepengurusan pusat berada di Bekasi. Salah satu pengurus daerah adalah di Kabupaten Kuningan sendiri, yang kini dikomandoi oleh Kang Yasir sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kuningan, yang sebelumnya bernama Korwil Kuningan. Kang Yasir juga merupakan seorang dosen di Universitas Kuningan yang kini sedang menempuh studi program doktor di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Berbagai kegiatan pun rutin digelar KWK oleh pengurus pusat dan pengurus wilayah, antara lain pertemuan antar anggota atau kopi darat (kopdar), dan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan.

Tidak sekedar berkumpul-kumpul tanpa makna tanpa manfaat, pada Senin 17 April 2023, pengurus dan anggota KWK DPD Kuningan kembali menggelar berbagi takjil untuk warga Kuningan. Giat ini adalah program rutin KWK DPD Kuningan setiap bulan Ramadhan.

Menurut Kang Yasir, aksi ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang diperjalanan untuk mendapatkan makanan untuk berbuka puasa. Pembagian takjil tersebut dilaksanakan di depan Pos Operasi Lebaran Polsek Ciawigebang, atau di bundaran Pasar Ciawigebang. Lebih 200 paket takjil disebar kepada warga yang melintas. Pembagian takjil tersebut didukung dan dibantu oleh personil Polsek Ciawigebang yang sedang bertugas di Pos Lebaran 2023.

Usai pembagian takjil, acara dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama di Masjid At Taqwa, Ciawigebang, diikuti oleh sekitar 25 orang anggota KWK beserta keluarganya. Meski sederhana namun acara ini berlangsung khidmat. Kegiatan tersebut dihadri langsung perwakilan dari DPP KWK yakni Wakil Ketua Umum Kang Yan, dan Bidang Budaya Kang Purwana, serta perwakilan DKM. Sebagai ungkapan terima kasih, pengurus KWK DPD Kuningan menyerahkan cinderamata berupa mug khas KWK DPD Kuningan untuk DKM Masjid At Taqwa.

By Jamaludin Al Afghani

Tinggalkan Balasan

Berita Menarik Lainnya