Pengurus Baru Bawaslu Kuningan Fokuskan Pengawasan

Pewarta : Agus Maulani | Editor : Nurul Ikhsan

Kuninganpos.com, KUNINGAN – Jajaran pengurus Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kuningan periode 2023 – 2028 telah resmi dilantik di Jakarta pada 19 Agustus 2023.

Adapun pengurus Bawaslu Kabupaten Kuningan yang dilantik Bawaslu RI diantaranya Ketua Bawaslu Kuningan Firman, Koordinator SDM Organisasi Pendidikan dan Latihan Yayan Supriatna, Koordinator Pencegahan, Parmas dan Humas Agus Khobir Permana, Koordinator Hukum Penyelesaian Sengketa Dadan Yuardan Firdaus, dan Koordinator Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Rendi Septian.

BACA JUGA : Dokter dan Nakes Tak Bisa Serta Merta Dipidana dalam UU Kesehatan

Ketua Bawaslu Kuningan Firman mengatakan, pasca dilantik di Bawaslu Republik Indonesia, pengurus baru mendapat orientasi dan per tanggal 21 Agustus 2023 mulai bekerja.

“Harapan kami sebagai pengurus baru bisa bermitra dengan baik khususnya dengan insan pers dan akan lebih bersinergi lagi dengan berbagai pihak khususnya KPU,” ujar Firman.

BACA JUGA : 3 Anak Dibawah Umur Jadi Korban Pencabulan

Karena pengurus baru dilantik saat proses Pemilu sudah berjalan, diterangkan Firman, pihaknya akan menyesuaikan dalam hal pengawasan kepemiluan.

“Paling tidak kami menekankan kepada pengawasan partisipatif dari berbagai pihak, pengawasan yang intens dari internal dan dibantu oleh berbagai pihak. Sebab, kami sendiri tidak bisa bekerja sendiri. Jadi harus banyak pihak yang ikut serta membantu dalam proses pengawasan ini,” kata Firman

Karena tahapan Pemilu sudah memasuki penetapan Daftar Caleg Sementara, dijelaskan Firman, pihaknya tentu menerima aduan masyarakat juga takut ada hal-hal yang dialami masyarakat yanh dilakukan Bacaleg.

“Kami juga membuka ruang aduan kepada masyarakat, mengingat kami baru dilantik sebagai pengurus baru belum bisa mengupdate titik kerawanan Pemilu. Kami harus mempelajari terlebih dahulu indeks kerawanan Pemilu di Kuningan,” ujarnya.

By Agus Maulani

Tinggalkan Balasan

Berita Menarik Lainnya