KPU Kuningan Umumkan Daftar Caleg Sementara pada 19 Agustus

Pewarta : Agus Maulani | Editor : Nurul Ikhsan

Kuninganpos.com, KUNINGAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan akan mengumumkan Daftar Caleg Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif DPRD Kabupaten Kuningan pada 19 Agustus 2023.

Sebelum diumumkan, KPU akan melakukan pleno penetapan DCS pada 18 Agustus 2023. Namun saat ini, KPU masih melakukan verifikasi dokumen administrasi dari 18 partai yang mendaftarkan Bacalegnya dengan total sebanyak 699 bacalon.

BACA JUGA : Musim Kemarau 2023 Sampai Kapan? Ini Kiat Antisipasi Kemarau Panjang

Divisi Teknisi Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuningan Maman Sulaeman mengatakan, tahapan pencalonan legislatif ini sudah memasuki fase verifikasi perbaikan terhadap rancangan daftar caleg sementara.

“Pada tanggal 18 Agustus kami akan memplenokan penetapan DCS, kemudian hari berikutnya akan diumumkan DCS hingga 23 Agustus 2023. Tentu pengumuman DCS ini hasil dari verifikasi administrasi terhadap perbaikan rancangan DCS dimana hasilnya nanti akan diketahui apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat,” ujar Maman Sulaeman.

BACA JUGA : Kesulitan Anggaran, Kantor Instansi Pemkab Patungan Bayar Listrik

Maman menjelaskan, bila memenuhi syarat otomatis akan masuk DCS. Tetapi kalau TMS otomatis tidak masuk DCS, tentu dalam tahapan pencalonan ini ada syarat pencalonan dan bakal calon, syaratnya disini harus memenuhi kelengkapan dokumen administrasi yang kemudian dokumen tersebut lengkap benar dan sesuai, ketika lengkap atau sesuai itu akan memenuhi syarat.

“Sebaliknya jika tidak lengkap kemudian tidak benar tentu tidak akan memenuhi syarat, tentunya Parpol sudah diberikan waktu panjang ketika dokumen bacalon belum lengkap dan menuju fase penyusunan DCS, penetapan dan pengumuman tentu sejak tanggal 6 – 11 Agustus untuk bisa memperbaiki dokumen bacalon yang belum lengkap atau mengganti bacalon yang mengundurkan diri, meninggal dunia atau ber KTA ganda,” kata Maman.

Dijelaskan Maman, KPU sudah memberikan waktu bilamana ada perubahan bacalon, nomor urut hingga perpindahan bacalon dari dapil ke dapil lainnya. Pada prinsipnya kami sudah memberikan waktu dan hasilnya sesuai yang diajukan Parpol di awal pengajuan.

“Dari awal pengajuan bacalon kepada kami sebanyak 699 bacalon dari 18 partai peserta Pemilu 2024, apakah nanti pada pengumuman DCS bisa sejumlah itu atau sebaliknya berkurang. Hari ini KPU masih memverifikasi dan hasilnya nanti diumumkan 19 – 23 Agustus 2023,” ujarnya.

By Agus Maulani

Tinggalkan Balasan

Berita Menarik Lainnya