Tingginya Curah Hujan, Sungai Cisanggarung Sering Meluap

Pewarta : Nurul Ikhsan | Editor : Nurul Ikhsan

Kuninganpos.com, Maleber – Intensitas hujan yang tinggi dalam dua bulan ini mengakibatkan sering terjadi meluapnya aliran sungai Cisanggarung. Pengamatan Kuningantoday.com (grup Kuninganpos.com) pada Selasa 21 Februari sekitar pukul 16.30 Wib terlihat aliran sungai Cisanggarung yang melintasi jembatan di Desa Mekarsari. Kecamatan Maleber terlihat meluap.

Derasnya luapan air di sungai Cisanggarung tersebut karena hujan besar yang turun sejak siang tadi hingga sore hari. Namun luapan air tidak menggenangi area persawahan yang berada di bagian sisi selatan daerah aliran sungai.

BACA JUGA : KBK Esports Siapkan Turnamen Esports Roadshow ke Setiap Desa di Kuningan, Gamers Merapat!

Salah satu warga, Mang Udin yang ditemui di lokasi mengatakan, jika curah hujan tinggi maka banjir besar biasanya akan terjadi di wilayah tersebut. Bahkan banjir di sungai Cisanggarung bisa menyapu bersih hektaran persawahan, bahkan sampai mendekati area pemukiman penduduk.

FOTO: Kuningantoday.com/Nurul Ikhsan.

“Jika hujan besar disini, air bisa sampai kebagian atas jembatan, dan bahkan sebaran air banjir bisa sampai ke sebelah selatan sampai menyapu bersih sawah milik warga. Otomatis jalan tidak bisa dilalui alias lumpuh total karena arus air yang sangat deras. Terlalu berisiko jika mamaksakan melewati jalan yang melintasi jembatan” kata dia.

Jembatan di Desa Merkarsari sendiri menjadi satu-satunya akses jalan warga dari lima desa antara lain dari Desa Garahaji, Desa Galaherang, Desa Mekarsari, Desa Cipakem dan Desa Giriwaringin. Jika terjadi banjir besar, kata Udin, kelima desa tersebut terisolir tidak bisa mengakses ke wilayah pusat kecamatan atau ke pusat kota Kuningan.

“Repotnya, kalau banjir besar disini jika ada warga yang mau melahirkan atau sakit mau dibawa ke bidan, ke dokter atau ke rumah sakit harus menunggu sampai banjirnya hilang dulu,” ujarnya.

Menurutnya, kejadian banjir besar di sungai Cisanggarung akan terus terulang saat musim hujan. Bahkan banjir yang besar mengakibatkan pertanian hancur, bahkan petani bisa terancam gagal panen. Ia berharap ada upaya dari pemerintah untuk usaha-usaha membantu melindungi area persawahan dari luapan banjir yang terjadi setiap tahun.

“Kami berharap pemerintah bisa memprogramkan pembangunann seperti pembuatan tanggul di hulu atau di bagian barat desa untuk melindungi area persawahan warga,” harapnya.

By Nurul Ikhsan

Kang Ikhsan, biasa kolega pria kelahiran Kuningan ini dipanggil. Masa remajanya dihabiskan di Kota Cirebon saat ia menempuh pendidikan SMA di kota udang. Sekolah SD dan SMP diselesaikan di Kuningan. Saat SMA, pria humoris dan bageur ini sudah menyukai dunia tulis menulis. Di sekolahnya Kang Ikhsan aktif dalam club menulis dan mengelola majalah dinding (mading). Kecintaan dengan dunia Jurnalistik ia lanjutkan saat kuliah di Jakarta dengan aktif di pers kampus sebagai pemimpin redaksi tabloid kampus pada tahun 1997. Ia juga mendirikan Lembaga Pers Mahasiswa dan Radio Kampus (LEMAPKA) yang anggotanya adalah Organisasi Pers Kampus se Jabodetabek. Pendirian LEMAPKA menurutnya sebagai organ perjuangan untuk mendukung gerakan mahasiswa saat menumbangkan rezim orde baru, hingga kejatuhannya Presiden Suharto. Ia juga aktif di organ gerakan mahasiswa yang tergabung di Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se DKI Jakarta (FKMSJ). Beberapa kali mendapat penugasan sebagai jenderal lapangan (Jenlap) memimpin ribuan mahasiswa dari berbagai kampus turun ke jalan menyuarakan gerakan reformasi hingga menduduki Gedung DPR RI. Tak jarang ia menjadi buruan intel dan berurusan dengan Intelpam Polda Metro Jaya karena seringnya memimpin gerakan aksi demonstrasi mahasiswa secara besar-besaran. Sejak masih mahasiswa, Kang Ikhsan bekerja di beberapa media cetak nasional. Selepas menyelesaikan kuliah, Kang Ikhsan masih bekerja aktif di beberapa media nasional koran, majalah dan radio di Jakarta. 20 tahun ia masih mencintai dan aktif menekuni profesi jurnalisnya hingga saat ini memimpin redakasi di Kantor Berita Kuningan (KBK) yang menaungi Kuninganpos.com, Kuninganhits.com, Fajarkuningan.com, Kuningantoday.com, dan KBK Kelas Jurnalistik, serta beberapa media online nasional lainnya.

Tinggalkan Balasan

Berita Menarik Lainnya